Tips Produktif Ngeblog #03 : Memanfaatkan Fungsi Smartphone Semaksimal Mungkin

Mungkin terdengar lucu. Namun, satu faktor penentu seorang blogger bisa menjadi produktif atau tidak adalah tentang cara mereka memanfaatkan fungsi smartphone. Semakin maksimal penggunaan untuk tujuan ngeblog, semakin produktif ia akan menjadi.

Penjelasan terhadap hal ini sederhana, yaitu karena di dalam sebuah gadget, seperti ponsel cerdas, terdapat banyak sekali fitur yang bisa menunjang ngeblog.

Sebut saja,

  • kamera : yang bisa dipergunakan untuk mendapatkan foto original dan tidak sama dengan orang lain
  • aplikasi notes atau sejenisnya : yang fungsinya sangat membantu sekali dalam mencatat ide atau membuat kerangka karangan
  • aplikasi media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan lainnya yang sudah pasti akan sangat berfungsi untuk melakukan promosi blog atau terkoneksi dengan sesama blogger
  • aplikasi browser yang bisa mempermudah seorang blogger dalam mencari referensi atau sekedar mencari inspirasi
  • Smartphone sendiri merupakan sumber ide yang tidak akan habis digali. Pembahasan terkait benda yang satu ini sudah memiliki pasar pengguna yang luar biasa besar. Topiknya akan selalu dinanti oleh banyak orang.

Bisa terbayangkan kalau semua fungsi dan fitur yang ada dalam sebuah smartphone dipergunakan secara maksimal? Yap, seorang blogger akan menjadi lebih produktif.

Smartphone adalah sebuah komputer mini

Kegiatan blogging lahir di era komputer dan internet. Sebelum keduanya ada, maka tidak ada yang namanya blog, blogger, dan blogging.

Oleh karena itu, kegiatan ngeblog tidak akan pernah lepas dari yang namanya komputer dan internet.

Ketika saat ia lahir, blogging hanya bisa dilakukan di lokasi yang tetap karena ukuran komputer dan ketersediaan internet membutuhkan perangkat yang besar dan banyak.

Hal itu berbeda di masa sekarang karena bentuk komputer mengecil dan terus mengecil. Salah satu wujud dari perkembangan teknologi komputer ini ada dalam bentuk smartphone.

Yap, tidak salah baca, smartphone adalah sebuah komputer mini. Bukan lagi telepon atau alat komunikasi saja.

Coba saja periksa isi dari sebuah smartphone, maka Anda akan menemukan berbagai komponen yang juga ada dalam komputer manapun, seperti

  • prosesor untuk mengolah data
  • memory untuk proses pengolahan data
  • layar monitor

Apa yang ada dalam komputer akan ditemukan dalam smartphone juga, hanya dalam bentuk yang lebih ringkas dan kecil.

Jadi, blogging pun, beserta berbagai komponen kegiatannya, bisa dilakukan dengan memanfaatkan fungsi smartphone. Karena semua kebutuhan untuk ngeblog ada di dalam genggaman.

Yang menentukan adalah manusianya, apakah ia mau menggunakan untuk tujuan itu atau hanya memandangnya sebagai alat komunikasi saja.

Manfaat Smartphone Bagi Kegiatan Ngeblog

Apa yang bisa disumbangsihkan sebuah smartphone bagi perkembangan blog? BANYAK.

Yang bisa diberikan ponsel cerdas di tangan Anda akan tergantung seberapa kreatif Anda dalam menggunakannya.

Namun, ada tiga manfaat pasti yang akan tersedia dengan catatan, yaitu

<1> Fleksibilitas dalam ngeblog

Dimanapun Anda berada, update blog bisa dilakukan dimana saja, bahkan ketika Anda berada di dalam toilet sekalipun. Selama ada internet, maka Anda bisa mengakses dashboard blog Anda dan menerbitkan artikel.

Jadi, untuk ngeblog, tidak lagi harus menunggu sampai berada di depan meja kerja dimana komputer Anda berada.

<2> Mengubah waktu non-produktif menjadi produktif

Pernah terbayangkan berapa banyak waktu yang bisa “terselamatkan” dari non-produktif menjadi produktif karena kehadiran smartphone? Banyak sekali.

Coba saja bayangkan kalau tidak ada smartphone saat berada dalam kendaraan umum menuju ke tempat kerja? Setidaknya beberapa puluh menit sampai 1 jam akan dihabiskan hanya dengan bengong kalau tidak ada smartphone.

Bayangkan jika kemudian waktu itu digunakan untuk membuat kerangka karangan, mencatatkan ide, mempersiapkan foto untuk artikel.

Betapa bahagianya blog Anda kalau semua itu dilakukan. Banyak artikel yang akan bisa diterbitkan ketika waktu-waktu tersebut dipergunakan untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan blog dan blogging.

<3> Biaya promosi blog yang murah

Asal mau rajin berinteraksi dengan orang lain, smartphone akan menyediakan sarana promosi yang murah.

Berbagai akses ke media sosial, dimana banyak orang berkumpul menyediakan peluang untuk ruang promosi blog.

Ketersediaan email akan membantu strategi pemasaran melalui email. Cukup dengan membuat template Anda bisa mengundang orang lain untuk berkunjung. E-mail pun menyediakan alat untuk berkomunikasi dengan para sponsor.

Grup Whatsapp memudahkan untuk memberitahukan lingkungan terdekat tentang artikel terbaru yang terbit di artikel.

Promosi menjadi mudah sekali dilakukan.

Dan, hampir bisa dipastikan fitur yang bermanfaat akan terus bertambah untuk mendukung kegiatan ngeblog siapapun.

Hanya saja, semua itu akan menjadi tidak bermanfaat, jika bloggernya tidak pernah melirik berbagai fungsi tersebut dan hanya sekedar menjadikannya sarana komunikasi dan bersenang-senang saja. Bukan fungsinya yang mendukung produktivitas.

Jadi, maukah Anda memaksimalkan smartphone Anda untuk ngeblog?

Leave a Comment