Tidak Menjawab Komentar di Blog Hati-Hati Bisa Disalahartikan

Pembaca itu penting bagi seorang blogger. Tanpa keberadaan mereka, maka sebuah blog hanya akan menjadi kuburan saja. Oleh karena itu, setiap blogger seharusnya sebisa mungkin memberikan yang terbaik dalam berinteraksi dengan mereka.

Cara yang paling sederhana untuk mewujudkan hal itu adalah dengan menjawab komentar di blog.

Sederhana, tetapi penting. Sebuah komentar tidak bisa hanya dilihat sebagai deretan kata tidak bermakna yang ditinggalkan orang tak dikenal (meski memang kita tidak kenal orangnya).

Komentar sebaiknya dipandang sebagai

  • ketertarikan dari seorang pembaca terhadap apa yang ditulis
  • keinginan pembaca untuk melakukan interaksi dengan penulisnya
  • keinginan pembaca untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang apa yang sudah dituliskan

Yang manapun dari ketiga hal itu, sebuah komentar akan selalu memiliki latar belakang yang membuatnya lahir.

Oleh karena itu, agak mengherankan juga saat saya sedang melakukan blogwaking (jalan-jalan antar blog), di kolom komentar beberapa blog, terlihat deretan komentar pembaca yang masuk, tetapi tidak ada satupun respon dari bloggernya.

Heran karena urusan terkait komentar merupakan hal penting dan tidak seharusnya diabaikan.

Keputusan tidak menjawab komentar pembaca di blog merupakan keputusan, yang menurut saya buruk sekali, apalagi jika memang bloggernya berniat untuk sukses, dalam hal ketenaran dan materi. Tidak terjawabnya komentar pembaca seperti, sangat mungkin disalahartikan oleh sang pembaca, seperti

<1> bloggernya sombong dan menganggap rendah pandangan mereka

<2> bloggernya tidak memiliki cukup pengetahuan untuk menjelaskan

<3> tidak tahu sopan santun

<4> bloggernya tidak mau berinteraksi

Yang manapun dari keempat kemungkinan mis-interpretasi di atas bukanlah sebuah hal yang baik dari segi marketing. Citra buruk akan tertanam di benak para pembaca.

Memang, tidak semua pembaca akan berpikir demikian, terutama dari sesama blogger yang paham tentang betapa repotnya menjadi seorang blogger, apalagi blogger part time.

Namun, tidak demikian halnya dengan pembawa awam. Mereka tidak paham betapa sulitnya menjadi blogger dan sering berharap ada jawaban atau penjelasan yang diberikan. Mereka tidak akan mau tahu kalau bloggernya mungkin sedang ruwet karena listrik padam mendadak, atau karena belum bayar rekening. Yang mereka tahu adalah sang blogger tidak memberikan respon.

Oleh karena itulah, ada baiknya, jika Anda seorang blogger atau berniat menjadi blogger, sebaiknya memasukkan jadwal menjawab komentar pembaca di blog dalam jadwal rutin sehari-hari.

Toh tidak memerlukan waktu banyak. Paling banyak 1 jam untuk melakukannya, meski kalau hanya di bawah 10, tidak sampai 5 menit urusan menjawab komentar sudah beres.

Meluangkan waktu untuk hal kecil ini sebenarnya memberikan dampak besar karena pembaca akan lebih merasa terikat dengan blog tersebut. Apalagi kalau jawabannya memuaskan dan menyenangkan. Pembaca sangat mungkin kembali untuk membaca dan berinteraksi dengan sang blogger.

Jadi, jangan sampai kesempatan mendapatkan pembaca loyal seperti ini terlewatkan. Sebuah blog yang sukses biasanya karena bisa mempertahankan pembaca loyalnya selain mendatangkan pembaca baru.

Menjawab komentar di blog merupakan salah satu kunci menuju ke sana.

Leave a Comment