Perbedaan WordPress Self Hosted dan WordPress.com

Ada sedikit kebingungan di dunia blogging Indonesia terkait perbedaan istilah WordPress Self Hosted dan WordPress.com. Keduanya terdengar sama karena mengusung brand WordPress, tetapi sebenarnya berbeda.

Kesamaan antara keduanya adalah WordPress ditemukan oleh Matt Mullenweg, yang sekarang merupakan pemegang saham dan penemu dari Automattic yang berlokasi di Amerika.

Nah, perbedaan antara kedua WordPress tersebut adalah

WordPress (Self Hosted)

Istilah ini mengacu pada CMS (Content Management System) untuk mengelola sebuah blog. Dengan kata lain, istilah WordPress ini merupakan sebuah software pengelolaan website.

Perangkat lunak ini merupakan open source dan dapat dipergunakan semua orang tanpa harus mengeluarkan biaya. Selain itu semua orang boleh terlibat dalam pengembangannya, yang salah satu bentukanya adalah keberadaan plugin.

Kata Self hosted yang berada di belakangnya merupakan tambahan frase yang menunjukkan bahwa pemakainya harus menyediakan hosting sendiri.

Dengan kata lain, pemakainya harus mengurus blog/websitenya secara mandiri.

WordPress Self Hosted bisa ditemukan di www.wordpress.org

WordPress.com

Istilah ini mengacu pada platform blogging bersifat freemium alias ada yang gratis, tetapi ada juga yang berbayar tergantung paket yang diambil.

Versi gratisnya tidak berbeda dengan Blogger.com (Blogspot.com) yang bisa dipergunakan semua orang. Penggunanya akan mendapatkan sebuah website yang merupakan sub-domain dari WordPress.com.

WP, demikian kerap disebut, versi tak berbayar biasanya memiliki fitur dan kapabilitas yang tidak berbeda jauh dengan Blogspot.

Versi berbayarnya memiliki beberapa level dan semakin mahal paket yang diambil maka semakin banyak fitur yang akan dimiliki.

WordPress versi yang satu ini akan dihosting di server WordPress.com.

Tampilan dan fiturnya pada dasarnya sama dengan WP Self Hosted. Namun, ada beberapa penyesuaian karena kontrol tetap di tangan pengelola platform.

Kira-kira itulah penjelasan singkat tentang perbedaan WordPress Self Hosted dan WordPress.com

Cukup kan?

Leave a Comment